Project

Project

  1. Bangun Madrasah Ibtidaiyah Nurul Falah Palasari, Legok, Tangerang
    “Buku adalah sumber ilmu pengetahuan. Dengan buku, kita dapat menjelajah dunia baru dan merangkai cita-cita.” Bagi sebagian besar orang, mengunjungi perpustakaan dan membaca buku tentu merupakan hal yang mudah dan terjangkau untuk dilakukan. Namun sayangnya, hal ini tidak berlaku bagi siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Nurul Falah Palasari. Selain kondisi ruang-ruang kelas yang kurang memadai (atap bocor, beberapa sudut dinding rusak, dan sejumlah lantai retak), Sekolah Dasar ini tidak memiliki perpustakaan. Inilah yang menyebabkan donasi buku seringkali tidak terselenggara dari berbagai pihak. Walaupun sebanyak 110 siswa-siswi di sekolah ini menerima materi yang tak kunjung diperbaharui, semangat mereka tak pernah pudar. Mari bersama-sama kita wujudkan secercah harapan bagi mereka untuk dapat membangun mimpi mereka melalui jendela dunia. Kalau bukan kita, lalu siapa?
    Rp 0,00 donated
  2. Bangun Madrasah Ibtidaiyah (MI) Firdaus, Buton, Sulawesi Tenggara
    Cita-cita bukan hanya milik anak kota, bantu capai mimpi sederhana saudara kita di daerah tertinggal untuk bersekolah, karena tawa dan keceriaan mereka adalah kebahagiaan kita. Berlokasi di pedalaman hutan Sulawesi Tenggara, tepatnya di kota Baubau. Madrasah Ibtidaiyah Firdaus menjadi tempat belajar-mengajar bagi siswa berjumlah 50 orang. Mereka menempati ruang kelas yang sangat sempit berukuran 4x6m, tanpa beralaskan lantai, dan tanpa hiasan dinding. Ruang kelas satu-satunya tersebut juga hanya beratapkan langit, tanpa plafon untuk menaungi mereka dari teriknya matahari dan derasnya hujan. Tak hanya bangunan sekolah, para siswa juga dihadapkan pada materi belajar yang serba terbatas. Buku yang merupakan jendela ilmu masih menjadi barang langka. Kondisi dan fasilitas yang memprihatinkan sedikitpun tidak menyurutkan semangat mereka untuk menuntut ilmu. Walau menempuh jalanan yang berkerikil dan berlumpur, tanpa sepatu, dan hanya mengenakan seragam yang sudah usang, mereka selalu tersenyum menyambut pagi untuk berangkat ke sekolah. Semangat juang yang tinggi tak hanya milik para siswa, disini para guru dengan ikhlas mencurahkan ilmu dan segenap tenaga, walaupun hanya digaji seadanya. Ketulusan hati menjadikan mereka layak disebut pahlawan tanpa tanda jasa. Madrasah Ibtidaiyah Firdaus adalah salah satu potret dari kesenjangan pendidikan di Negeri kita. Ketika sekolah-sekolah di kota berlomba unggul dalam prestasi, mereka masih berjuang untuk memperoleh pendidikan yang memadai. Cita-cita sederhana mereka harus dicapai dengan perjuangan yang berat. Sudah saatnya kita tak hanya berpangku tangan, satu kebaikan kita memiliki beribu arti bagi mereka. Sekecil apapun yang bisa kita lakukan, memberikan dampak besar yang mereka rasakan. Sedikit kepedulian akan membawa banyak perubahan jika kita melakukannya bersama. Mari berikan uluran tangan kepada saudara-saudara kita disana, karena kalau bukan kita, lalu siapa?
    Rp 0,00 donated
  3. Bangun SMP Insan Muda Mulia Pandeglang
    Letaknya memang tidak jauh dari Jakarta, tapi kondisi banyak sekolah di Pandeglang sungguh memprihatinkan. Salah satunya adalah SMP Insan Muda Mulia di Desa Ciburial, Kecamatan Cimanggu. Sekolah ini memiliki 90 siswa yang harus menjalani kegiatan belajar mengajar dengan fasilitas yang tidak memadai.
    Rp 25.000,00 donated