Lanjutkan Kepedulian Atas Pendidikan, Bangun Sekolah Selenggarakan “Home Credit Berbagi: Renovasi MI Nurul Falah Palasari”

Tangerang, 20 Oktober 2018. Bangun Sekolah bersama Home Kredit Indonesia (HCI) melaksanakan kegiatan awal untuk renovasi bangunan sekolah MI Nurul Falah Palasari, Legok, Kabupaten Tangerang, Banten. Pemilihan lokasi ini didasarkan pada data Kemendikbud 2016 yang menyebutkan bahwa Banten merupakan 1 dari 10 provinsi dengan sekolah berfasilitas tidak memadai terbanyak di Indonesia, di mana MI Nurul Falah Palasari merupakan salah satu sekolah yang perlu perbaikan infrastruktur. Selain kondisi ruang-ruang kelas yang kurang memadai (atap bocor, beberapa sudut dinding rusak, dan sejumlah lantai retak), Sekolah Dasar ini tidak memiliki perpustakaan. Inilah yang menyebabkan donasi buku sering kali tidak terselenggara dari berbagai pihak; Buku-buku yang didistribusikan pemerintah pun sebagian besar hanya berakhir pada tumpukan kardus. Keadaan infrastruktur yang kurang mendukung tentunya akan berpengaruh negatif kepada minat baca dan belajar para peserta didik.

Bertempat di ruas jalan yang telah disulap menjadi tempat pertemuan, para siswa MI Nurul Falah Palasari membuka kegiatan dengan unjuk kebolehan pada Kesenian Marawis. Maria Harfanti, founder Bangun Sekolah, kemudian menjelaskan tujuan dari kegiatan awal ini adalah sebagai penanda bahwa proses renovasi sekolah telah resmi dimulai. Sutiyoso, yang berperan sebagai pembina sekolah sangat mengapresiasi niat Bangun Sekolah dan HCI yang turut serta peduli terhadap keadaan sekolah.

”Pihak sekolah tidak dapat banyak melakukan perbaikan fisik karena pada saat ini sekolah hanya bergantung dari dana BOS pusat. Renovasi terakhir atas bantuan pemerintah terjadi pada tahun 2008. Kami pihak sekolah sangat bersyukur atas kepedulian tim Bangun Sekolah dan HCI”, tutur beliau.

Tidak hanya secara simbolis, kegiatan ini juga melibatkan secara langsung interaksi antara Pihak Sekolah, Siswa, Tim Bangun Sekolah serta 20 Relawan dari HCI untuk bersama-sama turun tangan melakukan kegiatan kerja bakti. Pada sesi pertama, tim relawan dibagi menjadi tiga kelompok utama, yang kemudian disebar pada tiga ruang kelas berbeda. Para relawan ini mulai melaksanakan kerja bakti, dimulai dari pengosongan dan pembersihan ruangan kelas. Selepas istirahat dan makan siang, para relawan melanjutkan kegiatan kerja bakti sesi kedua yang berfokus pada pengecatan dasar ruang kelas. “Semoga renovasi ini dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik lagi agar dapat memotivasi adik-adik penerus bangsa untuk belajar lebih giat lagi”, tutur salah satu relawan yang terlihat begitu antusias.

Selepas kegiatan awal ini, Bangun Sekolah dan HCI akan terus memantau proses renovasi yang akan dilakukan oleh tenaga profesional. Tim Bangun Sekolah juga akan melaksanakan pelatihan pengenalan dasar komputer di MI Nurul Falah Palasari. Pelatihan ini akan dilakukan karena pihak sekolah bercerita mengenai keterbatasan peserta didik dalam penggunaan komputer.

Leave your comment

Please enter your name.
Please enter comment.