Bangun Sekolah Memaknai Momentum Kemerdekaan

Tepat 73 tahun yang lalu, pada 17 Agustus 1945, Presiden Soekarno bersama Bung Hatta memproklamirkan kemerdekaan. Seluruh rakyat Indonesia bersuka cita menyambut kebebasan yang sudah direnggut penjajah selama berabad-abad. Namun, [...]

Tepat 73 tahun yang lalu, pada 17 Agustus 1945, Presiden Soekarno bersama Bung Hatta memproklamirkan kemerdekaan. Seluruh rakyat Indonesia bersuka cita menyambut kebebasan yang sudah direnggut penjajah selama berabad-abad. Namun, pertanyaan yang selalu muncul adalah apakah kita benar-benar sudah merdeka? Pertanyaan tersebut ada bukan tanpa alasan. Kemerdekaan yang digadang-gadang milik seluruh bangsa Indonesia nyatanya tidak sepenuhnya dirasakan rakyat di berbagai pelosok. Masih banyak saudara setanah air kita yang harus berjuang untuk mendapatkan akses pendidikan yang layak.

Perayaan Kemerdekaan bukanlah sebuah euforia atau sekedar seremonial. Tetapi bagaimana kita sebagai generasi penerus dapat melakukan refleksi, apa yang sudah kita perbuat selama ini untuk menghargai pejuang bambu runcing yang rela mati demi satu kata “MERDEKA”. Bangun Sekolah dengan semangat dan motivasi “Membangun Mimpi, Majukan Negeri”, melakukan tindakan nyata untuk bersinergi bersama membangun masa depan pelosok bangsa melalui pembangunan fisik sekolah serta peningkatan SDM pada daerah-daerah tertinggal.

Kami sadar bahwa kemerdekaan 73 tahun lalu adalah sebuah awalan, yang akhir ceritanya akan ditulis dan dilanjutkan oleh KITA. Pendidikan adalah hak segala bangsa, maka tugas pemudi-pemuda masa kini adalah meneruskan perjuangan pahlawan dengan bahu-membahu membangun Negeri, karena kalau bukan kita, lalu siapa?

Leave your comment

Please enter your name.
Please enter comment.